Gara-gara Saksi Gak Ngerti, Demokrat Ogah Blunder di Pilkada, Pileg dan Pilpres



BANDUNG - Ratusan kader Partai Demokrat Jabar mengikuti Program Sekolah Para Saksi Kader Partai, di Cikole Jayagiri Resort, Lembang Bandung Barat, yang digelar 19-21 Mei. Sekolah Saksi ini bertujuan untuk memenangkan berbagai event pemilihan kepala daerah, legislatif, hingga pilpres. 

"Sekolah para saksi ini merupakan program dari DPD Partai Demokrat Jabar untuk melakukan pembenahan, salah satunya adalah pembenahan para saksi," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Herlas Juniar di sela kegiatan tersebut, Kamis (19/5). 

Dari pelatihan yang dilakukan, kata Herlas, diharapkan para saksi ini dapat menjadi corong yang dapat memberikan informasi  bagi masyarakat di wilayah masing-masing. Pada tahap pertama, pelatihan ini diikuti oleh para kader yang di wilayahnya akan mengikuti pilkada seperti Cimahi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Tasikmalaya. 

"Peran saksi ini sangat signifikan untuk mengamankan suara pada proses demokrasi. Bila ada kecurangan atau temuan sekecil apapun dilapangan dapat langsung dilaporkan," ujarnya. 


Dalam sekolah ini nantinya, kata Herlas, akan menitikberatkan pada penoptimalkan penggunaan IT bagi para saksi. Tak hanya itu, para saksi juga akan dibekali berbagai aturan teknis yang diberlakukan dalam pilkada. 

"Dari sekolah saksi ini kami berharap dapat mencetak saksi permanen dan terintegrasi sehingga tidak ada kebocoran suara pada pilkada mendatang," pungkasnya. [rmol/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook