Demokrat Jabar Lakukan Pelatihan Pertanian Ramah Lingkungan di Dapil SMS

MAJALENGKA - DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat melaksanakan Pelatihan pertanian ramah lingkungan kepada kader dan warga di Dusun Maudin Desa Mekarjaya Kab. Majalengka. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, 11-13 Desember 2015.

Pelatihan ini meliputi pembuatan pupuk padat/ kompos, pupuk cair/MOL (Mikro Organisme Lokal), penanaman padi pola SRI di sawah dan di polybag (bagi yang tidak memiliki sawah), pemanfaatan sampah organik rumah tangga untuk pembuatan kompos dan MOL.

Materi ini diberikan mengingat lahan sawah saat ini sudah jenuh oleh pupuk kimia yang makin lama merusak struktur tanah yang menyebabkan tanah tidak bias subur lagi, sehingga perlu diberikan solusinya dengan kembali ke pupuk  alam yang ramah lingkungan, yaitu kompos, yang mampu memperbaiki struktur tanah dan mengembalikan kesuburan tanah.



Penanggung jawab pelatihan di Dapil X (Subang-Majalengka-Sumedang) adalah Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Demokrat Bapak Sahromi. 


Di akhir kegiatan, para peserta pelatihan mendapat sertifikat telah mengikuti pelatihan dari DPD PD Jabar untuk pelatih inti tingkat Provinsi dan peserta pelatihan inti nantinya dilanjutkan di dapil masing-masing Kab/Kota untuk melatih kader dan warganya. [rhm/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook