Partai Demokrat Karawang Pimpin Perolehan Suara & Kursi DPRD


KARAWANG
- Partai Demokrat dipastikan pemperoleh sembilan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang berdasarkan perolehan suara pada pemilihan umum (pemilu) 2019.melalui perhelatan Pemilu 2019. Dengan begitu, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu bakal menduduki kursi pucuk pimpinan DPRD Karawang Periode 2019-2024.

Sementara, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sebelumnya menempati sembilan kursi di DPRD, kini anjlok hanya menjadi enam kursi saja. Kursi puncuk pimpinan DPRD pun harus rela dilepas ke Partai Demokrat.
Kondisi itu terungkap dalam rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara untuk DPRD Karawang hasil pemilu 2019 yang dilakukan KPU Karawang di Hotel Akshaya, Kecamatan Telukjambe Timur, Minggu, 5 Mei 2019. Sementara, ketika berita ini diturunkan, penghitungan perolehan suara untuk DPRD Provinsi dan DPR RI masih berlangsung.
Dari rapat pleno tersebut diketahui pula bahwa partai politik lain yang mengalami kenaikan perolehan kursi adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai itu kini bisa menempatkan wakilnya sebanyak enam orang di DPRD Karawang. Artinya, PKS nantinya bisa membentuk fraksi sendiri tanpa harus bergabung dengan partai lain.
Selain itu, rapat pleno juga mengungkapkan bahwa seorang mantan kader PKB yang sebelumnya didepak dan mengalami pergantian antarwaktu oleh PKB malah mendapat suara siginifikan. Pada pemilu 2019, caleg bernama Khoerudin itu maju melalui Partai Demokrat. Ia bahkan berpeluang juga menduduki kursi Ketua DPRD Karawang karena perolehan suaranya melebihi caleg dari Partai Demokrat lainnya. [pr/ded]

Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook