Unggul Quick Count LSI, Herdiat-Yana Menang Telak di Pilkada Ciamis


CIAMIS
- Paslon bupati Ciamis nomor urut 1 Herdiat-Yana unggul telak atas pasangan petahanan nomor urut 2 Iing-Oih. Selisih keunggulannya mencapai 23%.
Ini merupakan hasil sementara quick count Pilkada Ciamis hasil quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Dalam quick count ini, Herdiat-Yana memperoleh suara 61.14%. Sedangkan pasangan petahana nomor urut 2 Iing-Oih meraih 38.86%.

Persentase tersebut dari suara yang masuk sebanyak 97.20%. Dengan tingkat margin of error sekitar 1%. Dan jumlah partisipasi pemilih 74.92%.

Quick count LSI Denny JA ini menggunakan multistage random sampling, atau mengambil 250 TPS sampel.

Secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh kecamatan se Ciamis.

Peneliti LSI Fadli Fahri Fauzan mengatakan, dengan hasil quick count ini, maka Kabupaten Ciamis akan memiliki bupati baru.

"Quick count kami tidak akan berbeda jauh dengan hasil dari KPU. Itu artinya pasangan Herdiat-Yana unggul telak atas pasangan petahana," ujarnya saat konfrensi pers LSI Denny JA, di Hotel Tyara Plaza, Rabu (26/6/2018) malam jam 19.00 WIB.

Menurutnya, melihat hasil survei yang dilakukan beberapa waktu lalu, pasangan Herdiat-Yana unggul 16.6% dari pasangan Iing-Oih.

Namun kenyataannya, dari hasil quick count hari ini, selisihnya mencapai 23%.
"Angka ini cukup tinggi, dan betul aspirasi masyarakat. Semoga Ciamis bisa lebih maju dan berkembang dengan bupati baru," tuturnya.

Hal yang paling menggembirakan, kata Fahri, yakni angka partisipasi masyarakat Ciamis yang mengalami peningkatan.

Pada pemilu sebelumnya, angka partisipasi sekitar 68%. Namun saat Pilkada serentak 2018 ini, angkanya mencapai 74.92%.

"Ini hal yang baik, angka partisipasi masyarakat Ciamis untuk menyalurkan hak pilihnya mengalami peningkatan," sebutnya.

Fahri menyebutkan, unggulnya pasangan nomor 1 Herdiat-Yana ini karena dianggap akan mampu menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Ciamis. [ruber/ded]


Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook