Genjot Wisatawan, Demiz Janji Kembangkan Bandara Nusawiru Pangandaran



PANGANDARAN
 - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat nomor urut 4, Deddy Mizwar (Demiz) siap mendukung pengembangan pembangunan infrastruktur Kabupaten Pangandaran. Daerah ini merupakan kabupaten termuda di Jawa Barat, hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis.

“Yang harus ditingkatkan itu infrastruktur. Misalnya Bandara Nusawiru yang kemarin Pak Jokowi (Presiden) mendorong untuk ditingkatkan supaya pesawat Boeing bisa landing di sana. Dari BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) Kertajati Majalengka bisa kemari cuma setengah jam. Kalau sekarang kan tujuh jam. Ini yang membuat wisatawan asing enggan kemari (Pangandaran)," papar Demiz saat berkampanye di Pasar Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jumat (4/5/2018). 

Menurut Demiz, infrastruktur harus jadi prioritas karena tiga sektor utama, yakni pariwisata, perikanan, dan pertanian merupakan sektor andalan bagi Pangandaran untuk mendulang pendapatan daerah serta kesejahtaeraan masyarakat. 

"Pangandaran mah sudah fokusnya di pariwisata, perikanan, dan pertanian. PAD (Pendapatan Asli Daerah) terakhir ini meningkat empat kali lipat dari sektor wisata. Makanya ke depan harus ditingkatkan lagi infrastruktur," kata Demiz.
Dia pun mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung penuh pengembangan Kabupaten Pangandaran. Belum lama ini, kabupaten tersebut mendapat penghargaan dari pemerintah pusat terkait pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. "Dapat dirasakan sekarang kemudahan pelayanan dan sarana-sarana publiknya yang semakin baik. Tenda biru (PKL pinggir pantai) pun sudah tidak ada," ujarnya. 

Bahkan, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung membuka kampus baru di kabupaten tersebut guna menjaring mahasiswa dari wilayah Pangandaran dan sekitarnya. Pangandaran juga kini menjadi daerah percontohan bagi daerah-daerah lain di Indonesia. "Jadi sudah dapat penghargaan cukup banyak, sudah menjadi percontohan di Indonesia. Itu menunjukkan bahwa pembangunan Pangandaran cukup signifikan," kata Demiz.

Perkembangan ekonomi masyarakat Pangandaran juga ditunjang oleh pihak-pihak lain, seperti dilakukan partai politik pengusung dan pendukung pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi pada Pilgub Jabar 27 Juni 2018 mendatang. 

Di antaranya gerakan ekonomi kecil dan menengah yang dilakukan Partai Demokrat, Golkar, dan Perindo sebagai pendukung. “Ini merupakan salah satu program kami, yakni membangkitkan gerakan ekonomi masyarakat kecil, seperti pembagian gerobak Perindo dan pembinaan UMKM," kata Ketua DPW Kartini Perindo Jabar, Wulandari Palupi di sela-sela bakti sosial dan pembinaan UMKM sekaligus sosialisasi Cagub Jabar Deddy Mizwar, di Kecamatan Parigi.
Pembangunan ekonomi dilakukan pula oleh Partai Demokrat dan Golkar. Hanya, pembangunan ekonomi masyarakat sudah terstruktur melalui para wakil rakyatnya yang duduk di kursi legislatif. “Pembangunan ekonomi masyarakat oleh Partai Demokrat berkaitan dengan anggaran dari daerah, provinsi dan pemerintah pusat. Jadi dukungan anggaran untuk membangun ekonomi masyarakat sudah disalurkan melalui lembaga legislatif yang tentu saja sesuai dengan peran dan fungsinya, termasuk di Pangandaran ini," ujar pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat, Rahmat Angga. [inews/ded]

Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook