Demiz Minta Nelayan tak Tergantung pada Tengkulak


CIREBON
- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut empat Deddy Mizwar (Demiz) mengatakan, nelayan di Jabar harus memiliki Koperasi supaya tidak lagi ketergantungan kepada tengkulak. Hal itu katakan Demiz saat melakukan kunjungan ke masyarakat nelayan Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon, Rabu (23/5/2018).

Menurutnya, Koperasi ini nantinya bisa membantu nelayan untuk tidak  bergantung lagi kepada tengkulak yang selalu beroerientasi bisnis untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. "Meski dibuat koperasi, supaya nelayan tidak tergantung lagi kepada tengkulak yang menekan harga ikan. Tengkulak sama sekali tak menguntungkan para nelayan," ujar Demiz di hadapan nelayan.

Selama tergantung kepada tengkulak, lanjut calon yang berpasangan dengan Dedi Mulyadi ini, nelayan  pasti akan mengalami rugi dan memiliki utang terus. “Utangnya makin banyak karena harga jual tidak memadai dan harus menjual kepada orang yang memiliki piutang. Ini yang tidak bisa membuat mereka (nelayan) keluar dari jerat kemiskinan," ucapnya.

Setelah ada koperasi, lanjut Demiz, nelayan   juga bisa mengajukan asuransi kesehatan dan keselamatan selama berlayar kepada Dinas Kelautan supaya masa depannya betul-betul terjamin dengan baik. "Nelayan saat melaut mengalami kecelakaan, enak kalau sudah ada asuransi minimal ada biaya kesehatan. Biar pengurus koperasi nantinya yang  mengurusi asuransi anggotanya," tutupnya. (*/Tim Media)

Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook