Demiz: BIJB Diujicoba, Penerbangan Haji Pertama Segera Terwujud


CIREBON
- Calon Gubernur Jabar nomor urut 4, Deddy Mizwar, berharap Bandar Udara (Bandara) Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) bisa digunakan pemberangkatan haji pada Juli 2018 nanti. Uji coba atau Historical Flight akan dilakukan besok, Kamis (24/5/2018).

“Insya Allah penerbangan haji pertama sesuai rencana. Kalau tidak ada halangan bisa langsung dari Bandara Kertajati pada Juli nanti,” kata Deddy Mizwar kepada wartawan di sela-sela kunjungannya ke Kabupaten Cirebon, Rabu (23/5/2018).

Setelah uji coba ini, katanya, diharapkan pada Juni 2018 sudah mulai ada penerbangan. Sejumlah maskapai, katanya, bisa melayani penumpang menuju bandara ini, khususnya saat mudik nanti. “Kalau sudah melakukan uji penerbangan, insya Allah sudah bisa digunakan,” kata Deddy.

Wakil Gubernur non aktif itu merasa bangga karena cita-cita Jawa Barat memiliki bandara internasional akan segera terwujud. Ia berharap bandara ini memberi maslahat dan manfaat bagi masyarakat Jawa Barat. “Tidak hanya sebagai sarana untuk pergerakan orang dan barang, namun memberi dampak bagi perekonomian dan kehidupan masyarakat Jawa Barat. Ekonominya bisa terdongkrak dan tumbuh semakin pesat,” tambahnya lagi.

Sebagaimana diketahui, Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, Majalengka, akan mulai beroperasi dan melakukan pendaratan perdana (historical landing) Kamis 24 Mei 2018. Tahun ini bandara tersebut juga akan digunakan sebagai tempat embarkasi antara jamaah haji yang akan berangkat ke Saudi Arabia melalui Bandara Soekarno Hatta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pendaratan perdana tersebut akan dilakukan oleh satu pesawat dari Bandara Soekarno Hatta. Maskapai Garuda Indonesia ditunjuk untuk melakukan pendaratan perdana di bandara tersebut. (*/Tim Media)

Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook