Pasangan Jaro Ade-Ingrid Kansil Ingin Prioritaskan UMKM



BOGOR
-
Pasangan bupati dan wakil bupati Bogor Jaro Ade-Ingrid Kansil (Jadi) menaruh perhatian lebih pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bogor. Pasangan nomor urut tiga ini mengaku siap hadir di tengah para pelaku UMKM agar usaha mereka berkembang dan maju.
Calon wakil bupati Bogor Ingrid Kansil mengatakan, saat kampanye banyak hal yang bisa diserap. Selain menampung aspirasi warga, dirinya juga selalu menyempatkan melihat potensi di seluruh desa saat kampanye. Mantan anggota DPR RI ini menilai banyak kelompok usaha di Kabupaten Bogor yang potensial untuk dikembangkan.
“Sperti di Cirimekar, banyak sekali potensi UMKM dan industri rumahan yang perlu dikembangkan. Banyak konveksi rumahan dan pembuatan kue kering. Kalau berkembang, ini bisa menyerap banyak tenaga kerja. Karena sekarang saja satu konveksi rumahan itu ada yang sudah mempekerjakan orang,” kata Ingrid saat menemui warga Cirimekar.
Menurut Ingrid, program bantuan UMKM menjadi salah satu prioritas pasangan Jadi. Ke depan, keduanya siap membantu permodalan hingga pembinaan seperti pelatihan agar produk UMKM bisa menjadi produk unggulan.
“Ini perlu digenjot pembinaannya dan mempermudah perizinan. Kita buat pelatihan agar semakin kreatif produknya dan bagaimana memasarkan produknya. Inovasi juga penting agar produknya tidak sama dengan yang lain. Ini sangat penting dilakukan pemerintah daerah ke depan,” terangnya.
Di samping itu, mantan artis yang juga politikus Partai Demokrat ini akan memaksimalkan fungsi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes diharapkan mampu membangun desa sesuai potensi masing-masing.
“BUMDes ini kan program turunan dari Kementerian Desa. Desa-desa yang belum punya kita dorong untuk membuat. Nantinya ini bisa membangun desa wisata yang berbasis kearifan lokal atau potensi lain di masing-masing desa,” tandas Ingrid. [metropolitan/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook