Ini Masukan Politisi Partai Demokrat di LKPJ Bupati Bandung Barat


BANDUNG BARAT
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD KBB, Iwan Setiawan mengatakan, akan memberikan masukan mengenai permasalahan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan, lapangan kerja dan pelayanan publik dalam capaian kinerja atas kepemimpinan Bupati Bandung Barat Abubakar dan Wakilnya Yayat T Soemitra pada agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ).
“Rencana penyampaian LKPJ berakhirnya kepemimpinan selama lima tahun harus benar-benar dipertanggung jawabkan kepada masyarakat yang diwakili oleh jajaran legislatif,” ujar Iwan di Ngamprah, Senin (2/3/2018).
Menurut Iwan, data yang disampaikan serta bukti di lapangan harus sesuai fakta dan sesuai dengan hasil capaian-capain target yang sudah ditetapkan.
“Semua program dan target kerja selama lima tahun yang tertuang di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) akan terlihat sejauh mana kinerja yang telah dicapai selama memimpin,” tutur politisi Partai Demokrat ini.
Untuk mengukurnya, dalam mekanisme dewan akan dibentuk Panitia Khusus (Pansus) membahas dan mengevalusi melalui kunujungan kerja ke berabagai daerah untuk mengkroscek langsung di lapangan apa yang tertuang di LKPJ tersebut. Setelah itu, Pansus nantinya akan membuat catatan baik setiap komisi maupun fraksi yang ditujukkan ke pimpinan dewan.
“Nah di sini nanti akan di bahas melalui nota pengantar LKPJ Bupati dan wakilnya, kemudian pandangan umum fraksi-fraksi dan yang terakhir adalah persetujuan dan pengesahan pada paripurna,”jelas dia.
Iwan menuturkan, berdasarkan hasil kunjungan kerja di luar konteks LKPJ diakuinya masyarakat masih membutuhkan perbaikan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan lapangan kerja.
Dia mencontohkan, program BPJS kesehatan masih ada warga belum mendapatkannya. Begitu juga dengan pendidikan diminta memaksimalkan pendidikan dari mulai Pendidikan Usia Dini hingga SMP. Bahkan, banyak lagi soal lapangan kerja dan angka kemiskinan.
Untuk mewujudkan ini, selama lima tahun ini dewan selalu mendukung dari sisi anggaran. Namun, pada kenyataannya masyarakat masih banyak terabaikan.
“Selama itu tujuannya untuk masyarakat, kami selalu mendorong dari sisi anggaran agar tercapainya kesejahteraan dan pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya. [ragam/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook