Alasan Deddy Mizwar Selalu Kunjungi Ulama di Sela Kampanye


BANDUNG
 - Calon gubernur Jawa Barat nomor urut empat Deddy Mizwar terus memaksimalkan masa kampanyenya dengan berkeliling ke berbagai daerah di Jawa Barat.

Itu dilakukan untuk menyosialisasikan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Deddy-Dedi) ke masyarakat. Harapannya, Deddy-Dedi bisa memenangkan Pilgub Jawa Barat 2018.
Tapi, dalam setiap agenda kampanye ke suatu kabupaten/kota, pria yang akrab disapa Demiz itu selalu menyempatkan diri bertemu para ulama dan pengurus ormas Islam, salah satunya adalah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU).
Ia sengaja melakukan itu sebagai bagian dari silaturahmi. Sebab, ia memandang silaturahmi perlu dijaga dengan baik.
Di saat yang sama, ia juga selalu menyampaikan sejumlah hal penting kepada para ulama. Hal-hal itu diharapkan 'diteruskan' para ulama ke masyarakat. Salah satunya ajakan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pilgub nanti.
"Saya selalu mendorong bagaimana partisipasi umat, khususnya umat Islam untuk berpartisipasi menggunakan hak pilihnya," ujar Demiz di sela silaturahmi dengan pengurus PCNU Kabupaten Bogor di kawasan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Kamis (19/4/2018).
Secara khusus, ia juga punya alasan tersendiri kenapa PCNU di daerah selalu didatangi. Ia beralasan PCNU punya kekuatan besar. Sebab, umat Islam di Jawa Barat mayoritas adalah Nahdliyin.
"PCNU-lah yang umatnya besar dan banyak di mana-mana, bukan hanya di kota-kota, tapi juga di desa-desa," ungkapnya.
Sebagai ormas Islam dengan kekuatan yang besar, ia beharap para ulama dari PCNU diharapkan jadi 'penyambung' pesan ke masyarakat agar mereka menggunakan hak pilihnya.
"Daripada saya yang ngomong, mending ulama yang ngomong karena umatnya begitu banyak," ucap Demiz.
Ia sendiri tidak mempermasalahkan meski secara organisasi PCNU tidak memberikan dukungan. Sebab, itu merupakan hak organisasi. Tapi, yang penting baginya adalah bagaimana sinergi dengan PCNU untuk memaksimalkan ajakan mencoblos.
Ketua PCNU Kabupaten Bogor KH Romdon mengakui ulama punya peran besar agar partisipasi masyarakat di pilgub bisa maksimal. Pihaknya pun siap melaksanakan tugas itu bersama para ulama, terutama di Kabupaten Bogor.
"Ulama sangat berperan tentunya dalam mengajak kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menggunakan hak pilihnya," tuturnya.
"Karena memilih pemimpin yang baik itu merupakan kewajiban. Oleh karena itu saya mengajak kepada warga di Kabupaten Bogor untuk datang semua ke TPS menggunakan hak pilihnya," jelas Romdon.
Agar partisipasi masyarakat maksimal, PCNU Kabupaten Bogor sendiri sudah melakukan berbagai langkah. Salah satunya adalah memaksimalkan kajian di masjid-masjid untuk mengimbau masyarakat menggunakan hak pilih.
Di saat yang sama, pihaknya juga mengajak warga untuk saling mengerti perbedaan. Perbedaan pilihan di pilgub jangan sampai membuat masyarakat tercerai-berai.
Sementara itu, di Bogor sendiri Demiz tidak hanya melakukan kunjungan ke PCNU Kabupaten Bogor. Demiz sempat bersilaturahmi dengan pengurus PCNU Kota Bogor, para ulama, serta tokoh masyarakat. [okezone/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook