Aan Andi Purnama: Pemkot Tak Tegas Terapkan Perwal Nomor 5 Tahun 2011


BANDUNG
- Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung, Aan Andi Purnama menyatakan Pemkot Bandung tidak tegas dalam menerapkan Peraturan Wali Kota Nomor 5 tahun 2011. Dalam peraturan tersebut mengharuskan setiap hotel dan restoran menyediakan tempat dan waktu untuk kesenian dan budaya.

"Peraturan tersebut memang belum dijalankan karena pemerintahnya tidak tegas. Padahal ada ratusan hotel dan restoran di Kota Bandung," ungkapnya Gedung DPRD Kota Bandung, Jln. Sukabumi, Kota Bandung, Selasa (10/4/2018).

Menurut politisi Partai Demokrat ini, terdapat sekitar 600 lebih hotel yang ada di Kota Bandung, namun hanya 6 hotel yang menerapkan aturan tersebut.

"Cukup banyak yang hijrah dari pelaku seni menjadi pekerja biasa. Karena kesenian ini dinilai tidak menjamin kehidupan mereka," katanya.

Setelah dilakukan pengamatan dan diselidiki, pihaknya memperoleh bahwa banyaknya pelaku seni ini beralih profesi disebabkan tidak manusiawinya pembayaran yang di lakukan pihak hotel.

"Dengan pemerintahnya tidak serius menjalankan peraturan ini, jadi pihak hotel tidak memberikan upah yang sesuai," ucapnya.

Diakuinya melalui peraturan tersebut, maka Pemkot Bandung bisa melestarikan kebudayaan dan kesenian yang ada. Sehingga dari sekian banyaknya kebudayaan bisa terus hadir dan menjadi bagian dalam menarik minat wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

"Tentu pasti ada efeknya, terutama dalam menarik wisatawan. Ditambah ada ekonomi yang muter dan berkembang di sana," ujarnya.

Disinggung mengenai sosialisasi peraturan tersebut, lanjutnya,  pihaknya akan terus memantau dan melihat apakah hotelnya yang memang tidak mau atau memang pemerintahnya tidak masif.
"Saya dengar malah tidak ada sosialisasi ke hotel terhadap peraturan ini," imbuhnya. [galamedia/ded]

Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook