Demokrat KBB Tegaskan Kunjungan AHY ke Padalarang Bukan Kampanye Akur



BANDUNG BARAT
-
Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Bandung Barat menegaskan kunjungan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Padalarang, Sabtu, 17 Maret 2018 lalu, bukan untuk mengampanyekan pasangan Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan (Akur). Kedatangan AHY itu merupakan rangkaian dari kegiatan Tour de Java.
"Di situ tidak ada kampanye Akur, tidak ada penyampaian visi misi serta ajakan untuk memilih Akur di Pilbup Bandung Barat 2018. Juga tidak ada pelanggaran zonasi kampanye, karena saat itu memang hari libur nasional, di mana semua calon tidak ada yang berkampanye," kata Ketua DPC Partai Demokrat KBB Iwan Setiawan di Ngamprah, Senin, 19 Maret 2018.
Selaku Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat untuk Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019, menurut Iwan, AHY melakukan kegiatan Tour de Java dalam rangka konsolidasi partai. Bandung Barat adalah titik ketujuh dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat yang sudah dan akan dikunjungi AHY.
"Kenapa kunjungan kemarin itu dilakukan di Padalarang, karena di situ memang jalur strategis. Setelah dari Bandung Barat, AHY bisa langsung ke Cianjur. Selain itu, posko pemenangan Akur juga ada di Padalarang. Tour de Java kali ini berlangsung pada 16-22 Maret 2018 di 27 kabupaten/kota di Jabar," katanya.
Iwan menjelaskan, kegiatan AHY pada Sabtu lalu tak lain hanya mengunjungi Pasar Tagog Padalarang untuk berdialog dengan pedagang. Setelah itu, AHY berjalan dan menaiki ojek ke posko pemenangan Akur, hingga disambut dengan arak-arakan sisingaan. Di posko pemenangan Akur, AHY sekaligus membuka audisi KBB Idol.
"Ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan Pilbup Bandung Barat, karena kegiatan kemarin itu cuma road show. Kemeriahan yang terjadi ialah sekadar untuk menyambut AHY dan bukan untuk berkampanye. Kalaupun ada teriakan yel-yel dari simpatisan AHY, itu kan ada di posko pemenangan. Yang namanya di posko pemenangan, ya bukan kampanye namanya," terangnya.
Terlepas dari persoalan tersebut, Iwan menyatakan, kedatangan AHY ke Padalarang itu diyakini kian menguatkan dorongan bagi AHY untuk maju di Pilpres 2019. Apalagi, masyarakat di Padalarang antusias menyambut AHY. "Pasti meningkat popularitasnya, karena AHY langsung mendatangi masyarakat. Namun, secara angka ini tentu harus memakai data," ujarnya.

Tak hanya AHY, lanjut dia, popularitas dan elektabilitas Akur di Pilbup Bandung Barat juga bakal turut terdongkrak. Dari hasil survei internal, Iwan menyatakan bahwa tren Akur terus bergerak naik. Akan tetapi, dia enggan mengungkapkan lebih lanjut mengenai hasil survei tersebut, karena harus berkoordinasi dengan tim gabungan pemenangan Akur. 
Sebelumnya diberitakan, Sekretaris Tim Pemenangan Elin Suharliah-Maman Sulaeman Sunjaya (Emas), Lili Supriatna menilai kunjungan AHY ke Padalarang dimanfaatkan oleh Akur untuk berkampanye di luar zona dan waktu kampanye yang telah disepakati. Terkait dengan hal tersebut, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) KBB belum bersikap karena masih melakukan kajian. [pr/ded]

Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook