Demiz Bakal Dorong Industri Hilir UMKM Agar Serap Tenaga Kerja Lebih Banyak


CIAMIS
- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar akan terus mengembangkan komoditas unggulan para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) di Jawa Barat.

"Jabar ini kaya akan produk UMKM, bahkan banyak juga yang berpotensi ekspor. Tentunya itu harus dikembangkan," jelas Deddy pada acara Temu Pelaku UMKM di Pusat Oleh-Oleh Ciamis, Rabu (28/3/2018).

Menurutnya, pengembangan produk UMKM sangat penting, sehingga hal tersebut bisa mendorong kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lapangan kerja baru. Seperti halnya pada produk makanan olahan selai pisang di Ciamis.

"Selai pisang ini banyak peminatnya, makanya tenaga kerja nya pun banyak. Ini adalah salah satu kuliner makanan olahan yang berada di hilirnya," katanya.

Pengembangan industri hilir makanan olahan sangatlah penting, terlebih Jawa Barat ini memiliki bahan baku yang melimpah. Dengan demikian, masyarakat bisa memanfaatkan bahan baku yang ada disekitarnya dengan baik.

"Saat ini pun banyak bahan baku yang bisa dimanfaatkan untuk industri hilir tapi belum dimanfaatkan secara optimal," katanya.

Oleh karena itu pihaknya pun menghimbau kepada masyarakat, khususnya para pelaku UMKM untuk lebih kreatif dalam menciptakan produk makanan olahan. Sehingga mereka bisa membuat industri hilirnya.

"Tentunya bagus kalau industri hilir nya dikembangkan, karena akan banyak tenaga kerja yang terserap," katanya.

Disinggung dengan potensi ekspor dari makanan olahan, pria yang akrab disapa Demiz inipun mengatakan, potensi makanan olahan Jawa Barat sangat besar, bahkan banyak produk yang telah di ekspor.


Namun demikian masih banyak kendala yang terjadi pada para pelaku UMKM. Baik dari sisi kemasan maupun pemasarannya.

"Tentunya kemasannya harus lebih baik, apalagi untuk ekspor itu harus hygienis. Makanya pelatihan pelatihan untuk pelaku UMKM harus lebih dioptimalkan," katanya. [mcpd]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook