Berdialog dengan Pengusaha Muda, AHY: Kita Harus Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri


SUMEDANG - Serap aspirasi dalam rangkaian AHY Ngariung di Jabar berlanjut ke Kabupaten Sumedang. Kali ini Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berdialog secara langsung dengan beberapa komintas sambil menikmati tahu Sumedang di Rumah Makan Palasari, Minggu (18/3) sore. AHY bahkan ikut melihat proses pembuatan dan membantu menggoreng tahu yang sedang diproduksi. “Boleh ikut goreng ngga Pak?” tanya AHY.
Yayang, pemilik rumah makan yang sudah beroperasi sejak tahun 1900-an itu terharu dengan kehadiran AHY. “Saya sangat senang dan bangga Mas AHY bisa datang ke rumah makan kami,” kata Yayang.
Sumedang adalah kota pengetahuan, kelakar calon Bupati Doni Ahmad Mulya, “penge-tahuan”. Tapi di kota ini memang tempat bermukim kampus ITB dan Unpad selain beberapa kampus perguruan tinggi lainnya.
Tapi dibalik itu semua, Sumedang memiliki problem pengangguran yang tinggi dan serapan tenaga pekerja lokal yang masih rendah. Keluhan soal ini muncul saat beberapa komunitas dan masyarakat lokal setempat mulai dari pedagang tahu asongan, seniman, asosisi kepala desa, HIPMI, karang taruna, sampai suporter bola, menyampaikan aspirasi mereka.
“Bagaimana peran organisasi kepemudaan (Karang Taruna) dalam kontestasi politik?” tanya Iwan, Ketua Forum Karang Taruna Kabupaten Sumedang.
“Sangat penting,” jawab AHY. AHY mencoba mengaitkan regenerasi kepemimpinan melalui organisasi kepemudaan seperti karang taruna. “Untuk mencetak generasi-generasi pemimpin bangsa ke depan, organ kepemudaan harus berkembang. Harus ada kreativitas dan inovasi terus menerus. Anak-anak muda itu kekuatan, sebagai penggerak pembangunan, agen perubahan ke arah yg lebih baik,” tambah AHY.
Dialog terus berlanjut. “Apa pesan dari Kang AHY kepada kami, para pengusaha muda dan bagaimana langkah kita untuk mengembangkan pengusaha-pengusaha muda di tingkat lokal?” tanya salah satu perwakilan HIPMI yang ikut duduk dan berdialog bersama AHY.
AHY kemudian memberikan apresiasi kepada para pengusaha muda yang terus bersemangat untuk mengembangkan usahanya. “Lihat tantangan sebagai peluang, tinggal bagaimana memimpin dan mengelolanya”, ujar AHY. Ia juga mengingatkan untuk selalu mengutamakan masyarakat lokal dalam mengembangkan usahanya. “Kita harus jadi tuan rumah di negeri sendiri. Harus mengutamakan orang-orang lokal untuk berkembang dan berkreativitas”, timpal AHY.
Selain itu, AHY juga berpesan untuk anak-anak muda, khususnya para anggota karang taruna Kabupaten Sumedang untuk tetap santun dan banyak belajar. “Tapi anak-anak muda juga harus santun, kita butuh anak-anak muda yang menghargai jasa para pemimpin dan pendahulunya. Belajar dan minta wejangan kepada para pendahulunya. Bukan yang ‘legek’ atau belagu,” tambah AHY.
Secara khusus, AHY juga menitipkan pembangunan dan kemajuan Kabupaten Sumedang kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumedang, Doni Ahmda Mulya dan Erwan Setiawan yang juga hadir. “Saya percaya, Pak Doni dan Pak Erwan sudah paham apa yang harus dilakukan untuk kemajuan Kabupaten Sumedang”, ucap AHY.
Selain pasangan calon bupati dan wakil bupati, AHY juga ditemani Otong Dartum selaku Ketua DPC Kabupaten Sumedang dan juga Linda Megawati yang merupakan anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat dari Dapil Jabar IX, yang meliputi Sumedang, Subang, dan Majalengka. [dpp/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook