Deddy Mizwar dari PNS, Aktor, Hingga Wakil Gubernur


PERNAH bekerja di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Deddy Mizwar terjun ke seni peran dan menuai sukses. Kiprahnya sebagai sineas yang kerap memuat nilai dakwah serta kritik sosial mengantarkannya menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat.
Meski sudah menjadi pejabat publik, nama Deddy Mizwar tidak bisa dipisahkan begitu saja dari profesinya terdahulu sebagai aktor.
Sejak kemunculan film pertamanya pada 1976, Deddy terhitung telah membintangi 38 judul. Karirnya terbilang lengkap karena sudah dianugerahi tujuh Piala Citra baik sebagai pemain maupun sutradara.
Awal karier pria yang akrab disapa Demiz itu sebenarnya adalah pegawai di Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Namun, kecintaan pada seni membuatnya hanya bertahan dua tahun sebagai pegawai negeri sipil.
Darah seni Deddy Mizwar mengalir dari sang ibu, Sun’ah, yang pernah memimpin sanggar Betawi. Deddy kerap diajak manggung hingga akhirnya ia gandrung main teater sehingga mengasah kemampuan aktingnya.
Berdakwah melalui film
Ketenaran yang telah digenggam, ternyata masih menyisakan ruang hampa di batin Deddy Mizwar. Ia kerap terkenang masa kecilnya yang tumbuh di tengah nuansa religius Betawi. Pergolakan batin itu yang membuatnya memutuskan untuk berkarya dengan selalu menyisipkan nilai ibadah.
Ketika sinetron bernapaskan religi masih langka, Deddy membuat tayangan "Hikayat Pengembara" yang tayang di bulan Ramadan. Kesuksesan tersebut kemudian membuat suami dari R. Giselawati Wiranegara itu menelurkan sinetron-sinetron religius lainnya.
Deddy berpandangan bahwa film merupakan salah satu media dakwah yang paling efektif untuk menyampaikan pesan-pesan Islam kepada masyarakat luas.
Menjadi wakil gubernur Jabar
Di tengah cibiran masyarakat mempertanyakan kredibilitas selebritas yang terjun ke politik, tak menyurutkan Ahmad Heryawan untuk menggandeng Deddy Mizwar di Pilgub Jabar 2013.
Ketika itu, Aher menilai Deddy sebagai sosok yang memiliki integritas dan berkarakter, serta dianggap sebagai tokoh kuat di Jabar. Hasilnya, mereka menang pilkada satu putaran.

Selama keduanya menjabat, Provinsi Jawa Barat telah meraih 234 penghargaan di berbagai bidang. Kini, Deddy Mizwar kembali maju di Pilgub Jabar 2018 berpasangan dengan Dedi Mulyadi. [pr/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook