Ormas Islam Dukung Herdiat-Yana di Pilkada Ciamis 2018


CIAMIS
- Lima Ormas Islam di kabupaten Ciamis yang tergabung dalam Forum Ormas Islam mulai mengambil sikap mejelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.
Forum Ormas Islam yang terdiri dari Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, Persis, PUI dan SI serta tokoh islam di Kabupaten Ciamis melakukan pertemuan di Rumah Ketua Tanfidziah NU Kabupaten Ciamis KH Abdul Kholik Rabu malam (25/10).
Sejumlah tokoh Ormas dan kyai yang hadir dalam pertemuan itu antara lain Ketua Tanfidziah NU Kabupaten Ciamis KH Abdul Kholik, Ketua Forum Ormas Islam DR. H. Zulkarnaen SH. MH, (Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadyah Jabar),Ketua Pimipinan Daerah Muhammadyah Ciamis H. Iif Taufiq El Haque, S.Kep.Ketua PUI Ciamis Drs. H. Nurjamil Alisyahbana, Ketua MUI Ciamis KH Ahmad Hidayat Sirodj dan tokoh ulama lainnya.
Hasil pertemuan itu, mereka sepakat memberikan dukungan kepada bakal Calon Bupati dan wakil Bupati Ciamis pasangan H Herdiat Sunarya dan Yana D Putra untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.
Dukungan politik para tokoh ormas Islam tersebut itu disampaikan dalam bentuk kesepakatan bersama untuk merekomendasikan Pasangan Herdiat dan Yana sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Ciamis untuk Pilkada 2018.
“Kami memberikan dukungan sepenuhnya kepada H. Herdiat sebagai calon Bupati dan yana D Putra sebagai calon wakil Bupati Ciamis,pada Pilkada Ciamis 2018,” ujat Ketua Forum Ormas Islam Dr. H. Zulkarnaen SH MH Kamis (26/10).
Alasan para Ormas Islam Ciamis mendukung pasangan H Herdiat dengan Yana D Putra sebagai calon bupati Ciamis berdasar dari bebagai kriteria yang mumpuni.
Menurut Zulkarnaen baru pertama kali terjadi di Ciamis Ormas Islam duduk dan berkumpul bersama menghasilkan keputusan sama, dalam menentukan rekomendasi calon pemimpin untuk Kabupaten Ciamis yang lebih baik.
“Semua Ormas memiliki kriteria, dalam hasil pembahasan yang mendekati kreiteria itu Herdiat dan Yana D Putra. Kami melihat pertimbangan dan berbagai sudut untuk kemaslahatan. Sepakat bulat merekomendasikan Herdiat dan Yana tanpa ada perbedaan pendapat. Karena dari berbagai aspek, politik, kepribadian Yana dianggap lebih cocok berpasangan dengan Herdiat,” katanya.
Baik Herdiat maupun Yana menyatakan siap untuk menjadi Pasangan dalam Pemilhan Kepala Daerah Kabupaten Ciamis 2018. Untuk itu, kedepan Ormas Islam ini akan menyosialisasikannya sampai ke tingkat Bawah.
Setelah ini, Ormas Islam akan mengundang dan melakukan pertemuan dengan Partai Politik yang belum mengeluarkan surat rekomendasi pengusungan. Dalam pertemuan itu, Ormas akan menyampaikan rekomendasi calon untuk menjadi pertimbangan dalam mengusung.
“Ormas tidak akan memaksakan kehendak, kami hanya memberikan rekomendasi saja dan pasangan ini keinginan Ormas. Tentunya Partai yang berhak mengangkat,” jelasnya.
Sementara itu, Ketua GP Anshor Kabupaten Ciamis Dandeu Rifai menuturkan selaku kaum muda di Nahdatul Ulama tentunya memberikan sumbang pemikiran. Dari situasi Politik Ciamis saat ini, tentunya Ormas Islam harus merajur ukhuwah baik kemasyarakatan maupun kenegaraan.
“Artinya ini kan sudah terjalin, maka ditingkatkan menjadi ukhuwah kenegaraan. Ormas Islam tidak bisa memicingkan mata dengan momentum pergantian kepemimpinan di Ciamis. Tentunya memiliki tanggung jawab untuk bisa mengawal,” katanya.
Untuk itu, Ormas Islam memiliki tanggung jawab mengusulkan pemimpin terbaik. Ini merupakan ikhtiar dari Ormas Islam, setelah dilakukan pengkajian beberapa kriteria dari beberapa calon mulai dari kapabilitas, intelektualitas serta visi dan misi juga sisi lainnya.
“Setelah dikaji maka muncul dua nama yakni Herdiat dan Yana, tentu dengan berbagai pertimbangan seluruh Ormas Islam yang ada. Namun Ormas hanya bisa merekomendasikan, artinya bukan melangkahi Parpol. Tetapi pasangan ini menurut ormas yang mumpuni untuk dijadikan pilihan masyarakat untuk kemajuan Ciamis,” tuturnya.

Dande menyatakan Ormas berlandaskan kemaslahatan dalam menentukan pilihan dan yang menjadi pijakan itu ukhuwah islamiyah, Basariah untuk mewujudkan Watoniah. [galuhnews/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook