Figur Militer Bagus di Mata Masyarakat, H. Iwan Sulandjana Punya Daya Jual


TASIKMALAYA – Menjelang pehelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018, sudah banyak figur dan tokoh yang bermunculan. Mereka menyatakan siap untuk pentas pada hajat demokrasi lima tahunan ini.

Para elite yang sudah mempunyai keinginan maju pada Pilgub Jabar 2018 ini dari berbagai kalangan. Diantaranya ada yang berasal dari kalangan politisi, pengusaha, artis termasuk militer.

Pengamat politik Asep M Tamam menilai banyaknya figur yang pentas maju pada pesta demokrasi lima tahunan ini. Sehingga masyarakat bisa mempunyai pilihan yang banyak untuk Jawa Barat lebih baik. “Terus bermunculannya figur akan semakin baik bagi masyarakat,” bebernya kepada Radar, kemarin (14/7).

Menurutnya, yang menjadi menarik saat ini adalah figur dari kalangan militer. Figur militer bisa memberi warna lain sangat positif bagi Jabar.

Saat ini memang belum terdengar ada figur militer yang masih aktif akan maju pada pilgub nanti. Hanya, mantan militer sudah mulai muncul, Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat H Iwan Sulandjana menjadi salah satu alternatif. Apalagi mantan Pangdam III/Siliwangi ini sudah menunjukkan keinginannya untuk maju. Purnawirawan jenderal bintang dua ini banyak memasang spanduk di berbagai daerah sebagai sosialisasi meningkatkan popularitas dan elektabilitas. “Apalagi Pak Iwan sebelumnya pernah juga maju (bersama H Danny Setiawan, Red), jadi dasarnya sudah punya tinggal menguatkan kembali elektabiltas dan popularitasnya,” paparnya.

Terutama yang harus ditingkatkan adalah silaturahmi dan bertatap muka dengan masyarakat. Karena dengan cara seperti itu akan lebih efektif untuk menggenjot popularitas dan elektabilitasnya. Apalagi jika Iwan Sulandjana bisa membawa program atau visi misi yang benar-benar diharapkan masyarakat. “Saya kira dari sekarang harus ada brand Iwan Sulandjana sperti apa, kemudian figur militernya harus ditonjolkan,” paparnya.

Asep menilai, Iwan Sulandjana sudah saat tampil sebagai calon gubernur, bukan wakil. Apalagi, kursi Demokrat saat ini di DPRD Jawa Barat mencapai 12 kursi, jadi sangat pantas untuk calon gubernur.

Menurutnya, saat ini kondisi Jawa Barat salah satu permasalahannya adalah keamanan. Dengan hadirnya figur dari kalangan militer, kebutuhan atau permasalahan tentang kemanan harus bisa menjadi brand bagi Iwan Sulandjana sebagai daya jual kepada masyarakat dengan membuat Jabar lebih aman dan nyaman. “Apalagi saat ini masyarakat sedang menyambut bagus kepada TNI, jadi ini bisa dijadikan momentum,” ucapnya.


Bericara pasangan, Asep menilai figur militer akan masuk dan cocok dengan figur dari kalangan manapun, karena bisa saling menutupi. Apalagi mileter memang dilatih untuk masuk ke berbagai segmen. Jadi Iwan Sulandjana akan cocok dipasangkan dengan siapapun, termasuk semua tokoh yang saat ini sudah menyatakan siap maju pada Pilgub Jabar. Baik itu, berpasangan dengan Bupati Tasikmalaya H Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Pimpian Umum Ponpes Miftahul Huda Manonjaya KH Asep Maoshul Affandy, politisi Partai Gerindra H Mulyadi dan tokoh lainnya. [radar/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook