Tiga Kandidat Terkuat di Pilkada Ciamis Berburu Restu Demokrat

CIAMIS – Drs H Iing Syam Arifin, Didi Sukardi dan H Herdiat Sunarya mendaftar ke Partai Demokrat. Kemarin (20/6), ketiganya mengembalikan formulir ke DPC Partai Demokrat Ciamis secara bergantian. Herdiat datang lebih dulu sekitar pukul 14.00. Disusul Didi Sukardi sekitar pukul 15.30 dan Drs H Iing Syam Arifin pukul 17.00.

Sebelum datang ke Partai Demokrat, di hari yang sama, Iing lebih dulu mendaftar ke DPD PKS. Sebelumnya dia juga telah mendaftar ke Partai Golkar. Sehingga, sudah tiga partai yang dimasuki Iing untuk pencalonannya. Sementara Herdiat, tercatat sudah mendaftar ke Partai Golkar, Gerindra, PBB dan Demokrat. Begitu juga dengan Didi yang sudah lebih dulu mendaftar di PKS.

Dalam kesempatan itu, Iing mengucapkan terimakasih atas penerimaan Partai Demokrat. “Tapi saya mohon maaf. Saya datang kesini tidak seperti yang lain. Karena waktunya sudah mepet,” ucapnya kepada wartawan. “Kalau peluang saya mendaftar ke partai lain, lihat saja nanti,” sambungnya.

Terpisah, Herdiat mengaku empat partai yang dia datangi untuk mendaftar sudah cukup untuk pengusungan calon. Dia cukup yakin untuk melangkah. Meski harus bersaing dengan sang incumbent. “Jika semua yang dimasukkan berkas pendaftaran bisa menerima dan mengusung saya, sementara sudah dinilai cukup. Paling tidak untuk 20% dari kursi di DPRD,” katanya.

Disinggung soal koalisi, Herdiat belum bisa berkomentar banyak. Hal itu, lanjutnya, tergantung kesepakatan partai pengusung. Sementara Didi Sukardi yang datang diiringi ratusan kader Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Distrik Ciamis mengungkapkan alasannya maju dalam kontestasi pilkada 2018, karena adanya dorongan dari sejumlah pihak. Termasuk AMS.

“Sesuai dengan Rakerdis AMS, bahwa saya harus maju dalam pilkada 2018. Kemudian AMS itu bukan partai, jadi saya harus mencari perahu untuk maju,” ujarnya usai mengembalikan formulir.

Didi mengaku pendaftarannya ke Demokrat karena ingin mendapat lebih banyak dukungan untuk merebut kursi kepala daerah tahun depan. “Semakin banyak perahu yang mendukung semakin besar peluang untuk menang,” tandasnya.

Dia mengaku siap bersaing dengan semua calon yang ikut serta dalam proses penjaringan yang dibuka PKS. Dia yakin, kalau bersinergi, PKS dan Demokrat akan menjadi kekuatan yang sempurna untuk membawanya ke kursi C1 atau pun C2. Didi juga masih kukuh dengan keinginannya untuk berpasangan dengan incumbent, Drs H Iing Syam Arifin.

Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Ciamis Irma Bastaman merasa senang, partainya digandrungi para calon. Terbukti dengan daftarnya tiga kandidat terkuat. Yakni Drs H Iing Syam Arifin, H Herdiat Sunarya dan Didi Sukardi. “Partai Demokrat sedang kebanjiran pendaftar dan peminat. Apalagi, yang mendaftar semua bakal calon bupati,” singkatnya. [tribun/ded]


Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook