Buka Penjaringan Cabup Ciamis, Partai Demokrat Diminati Figur Eksternal


CIAMIS – Figur nonpartai banyak meminati Partai Demokrat menjelang Pilkada Ciamis 2018. Sejak dibuka pendaftaran penjaringan hingga penutupan pada Selasa (20/6) lalu, ada lima kandidat yang telah mengambil formulir penjaringan. 

Tiga di antaranya telah mengembalikan formulir pendaftaran, yakni pengusaha asal Ciamis Heri Solehudin, pengusaha media Anjar Asmara dan Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Herdiat Sunarya. Sementara dua orang lainnya yang telah mengambil formulir pendaftaran, yakni Bupati Ciamis Iing Syam Arifin dan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Didi Sukardi. 

Menurut kabar yang beredar, keduanya akan langsung mengembalikan formulir di hari terakhir waktu pendaftaran. “Ada tiga orang yang telah menyerahkan formulir, yakni Heri Solehudin, Anjar Asmara dan Herdiat Sunarya. Sementara dua orang lainnya, yakni Pak Iing Syam Arifin dan Pak Didi Sukardi baru mengambil formulir,” ujar Plt Ketua DPD Partai Demokrat Ciamis Irma Bastaman Haris. 

Irma menuturkan, setelah penutupan pendaftaran penjaringan akan dilanjutkan dengan silaturahmi kepada kader di delapan titik lokasi. Hal ini sebagai salah satu proses meningkatkan elektabilitas. Kemudian dilakukan FGD atau forum diskusi guna membahas bagaiaman Ciamis ke depan. “Demokrat memiliki struktur hingga bawah yang siap bergerak untuk meningkatkan elektabilitas bakal calon,” ungkapnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, saat ini telah dia telah mendaftar di empat partai, antara lain Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra dan Partai PBB. Menurut Herdiat, sementara ini hanya empat partai saja, karena bila semua mengusung Herdiat dapat memenuhi syarat mengusung dengan 20% kursi DPRD. 

Empat partai ini bisa melakukan koalisi. “Sementara empat partai dulu cukup. Harapan saya Partai Demokrat dan yang lainnya bisa mengusung saya, setelah ini akan terus melakukan sosialisasi,” jelas Herdiat. Herdiat memiliki cita-cita agar Ciamis bisa lebih maju dan mandiri. Kalau dikatakan Ciamis kota kecil, Herdiat tidak terima dan akan menjadikan Ciamis sebagai daerah maju. [sindo/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook