Banjir Bandang Garut, Partai Demokrat Terjunkan Tim Medis

gambar: fokus jabar
GARUT - Partai Demokrat mengirimkan tim medis dan obat-obatan untuk membantu para korban musibah banjir bandang yang melanda Desa Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Kabupaten Garut.
Ketua Divisi Tanggap Darurat Bencana Dan Bantuan Kemanusian DPP Partai Demokrat, Umar Arsal, mengatakan tim yang diterjunkan terdiri empat dokter, lima perawat, dan obat-obatan lengkap. Selain itu, Partai Demokrat juga membuka dapur umum dan menyiapkan sarana air bersih untuk membantu warga yang terkena bencana.
"Tim kami sudah ada di lokasi dan siap berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk membantu penanganan korban banjir bandang Garut. Selama satu minggu mereka akan membantu para korban, terutama tim dokter yang siap menangani keluhan kesehatan dari warga yang terkena musibah," kata Umar Arsal, dalam siaran tertulis yang diperoleh SP, di Jakarta, Kamis (22/9).
Menurut dia, Demokrat menyediakan obat-obatan dan air bersih karena menjadi kebutuhan warga yang kini ditampung di tempat-tempat pengungsian. Banyak warga yang mulai menderita penyakit pascabencana banjir, seperti inveksi saluran pernafasan atas (ISPA), batuk-flu, dan gangguan pencernaan.
Selain tim medis, lanjutnya, ada beberapa tim relawan Rajawali Siaga Bencana (Ragana) di bawah naungan Divisi Tanggap Darurat Bencana Dan Bantuan Kemanusian DPP Partai Demokrat yang telah diterjunkan untuk membantu pencarian korban, serta membersihkan puing-puing dan sampah akibat dampak banjir.
“Ada 10 tim relawan yang telah diterjunkan untuk membantu pencarian korban yang masih hilang dan untuk membersihkan timbunan pohon, puing-puing bangunan dan sampah yang terbawa banjir bandang,” ujar Arsal yang juga merupakan anggota Komisi V DPR RI Fraksi Demokrat asal dapil Sulawesi Tenggara.
Dia menambahkan, tidak hanya menerjunkan tim, DPP Partai Demokrat juga memberikan bantuan pakian laik pakai dan perlengkapan rumah tangga untuk bersih-bersih, seperti sapu, ember dan kain pel.
"Kita harapkan dengan diterjunkannya tim ini, dapat membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah di Garut. Apalagi tim yang kita terjunkan sudah terbiasa turun ditengah-tengah bencana," kata Arsal. [beritasatu/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook