Herlas Juniar: Perbaikan Infrastruktur Harus Merata di Semua Wilayah

BANDUNG – memaknai hari Jadi Jawa Barat (Jabar) ke 71 Tahun, bukanlan usia muda lagi. Provinsi Jabar seharusnya menjadi Provinsi maju dalam pembangunan di berbagai sektor.
Ketua Fraksi Demokrat, Herlas Juniar mengatakan, pemerataan pembangunan itu sangat penting sebab selama ini kondisi pembangunan di wilayah Jabar pertumbuhannya masih belum merata.
”Pembangunan masih dirasakan di wilayah Jabar bagian utara dan tengah, sedangkan bagian selatan masih kurang,”jelas Herlas ketika ditemui di gedung DPRD Jabar kemarin (18/8).
Meskipun kini kondisi Jabar sedah semakin maju dari tahun sebelumnya, dirinya menilai dorongan untuk percepatan pembangunan bagi Jabar masih sangat diperlukan, sehingga manfaatnya betul-betul dapat dirasakan oleh  masyarakat .
Bedasarkan laporan dari hasil kunjungan kerja wilayah Jabar selatan ternyata masih ada masyarakat yang belum merasakan pembangunan khususnya pada perbaikan infrastruktur jalan.
Di hari Jadinya ini,  Pemprov harus menjadikan ini sebagai momentum bagi agar peningkatkan dan pelaksanaan pembangunan bisa mengena dan merata diseluruh wilayah.
Peningkatan pembangunan harus dilakukan dengan cara cepat dan tepat dengan menyelesaikan problem dan kendala yang dihadapi.
”Saat ini pembangunan seperti masih ada ketimpangan yang terjadi di wilayah Jabar utara tengah dan selatan,”kata Herlas.
Dirinya menilai, percepatan pembangunan di wilayah Jabar selatan masih dirasakan kurang padahal untuk potensi sangat luar biasa seperti, di Garut Selatan dan Tasik Selatan.
Herlas mencontohkan, kondisi Infrastruktur jalan milik Provinsi masih banyak yang belum tuntas meskipun selalu dikatakan bahwa kemantapan jalan provinsi itu sudah 98 persen.
Untuk itu, percepatan pembangunan Jalan ini perlu dilakukan seperti penambahan jalan-jalan baru atau perbaikan jalan di seluruh kabupaten di Jabar.
”Ini harus cepat dilakukan karena akan mendongkrak pertumbuhan perekonomian daerah tersebut, jadi kalau jalan bagus pasti pertumbuhan ekonominya bagus pula,”ucap dia.
Beberapa pekerjaan rumah lainnya yang masih harus dibenahi oleh Pemprov Jabar adalah pelayanan kesehatan.
Menurutnya, meski program-program dan langkah strtegis sudah lakukan seperti, pengambil alihan rumah sakit di Pamengpeuk  Garut Selatan dan di RSUD Jampang Kulon di Sukabumi Selatan, namun belum maksimal. Pasalnya, kedua rumah sakit ini merupakan rumah sakit rujukan provinsi yang setara dengan RS Hasan Sadikin.
”Fasilitas pelayanan, perlengkapan dan peralatan medis dan tenaga medis masih sangat dibutuhkan,”kata Herlas.
Selain itu pendirian Puskesmas Rawat Inap (Poned) juga harus dikembangkan kembali mengingat kondisi masyarakat di daerah pelosok memburtuhkan kehadiran pelayanan kesehatan ini.
Sorotan lainnya dari Fraksi Demokrat ini adalah program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sabermas) harus ada peningkatan dalam percepatan pembangunannya mengingat program yang telah bergulir sejak 2015 ini belum memenuhi sesuai harapan.
”Pelaksanaannya belum optimal karena menemui berbagai kendala bahkan penyerapan anggarannya masih rendah,”pungkas dia. [be/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook