Prihatin Nasib Bidan Senior, Legislator Demokrat Dukung Agar Diangkat Jadi PNS

JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf Macan Effendi menyatakan pihaknya akan memberikan dukungan agar bidan-bidan senior bisa menjadi PNS. Atau paling tidak, masa tugas sebagai PTT mereka diperpanjang.

"Kami mendapat informasi, terkait kebijakan pengangkatan bidan PTT usia di atas 35. Mereka tidak berhak ikut test karena faktor usia. Padahal bidan makin senior, makin pengalaman dan mahir menolong kelahiran. Dengan fakta bahwa angka angka kematian ibu dan anak karena salah penanganan masih tinggi, kita membutuhkan dedikasi mereka," kata Dede.

Pernyataan Dede, juga didukung anggota Komisi IX lainnya, Siti Mufattahah yang juga berasal dari Fraksi Partai Demokrat. Mufattahah menyatakan persetujuan penuh atas pemikiran bahwa para bidan senior selayaknya diberi kesempatan menjadi PNS. 

"Biarkan mereka meneruskan pengabdiannya dengan lebih tenang. Karena menjadi PNS, penting buat mereka. Itu bukan hanya penyemangat, tapi juga harapan dan masa depan. Jasa mereka harus dihargai," kata Mufattahah.

"Kalau dianggap nanti melanggar UU ASN karena melampaui batasan usia, salah satu alternatif pemikirannya, bidan PTT di atas 35 tahun harus mendapat perhatian dan kebijakan khusus dari Kementerian Kesehatan. Artinya mereka ditangani  Kemenkes dengan dana yang ada di Kementerian ini.  Karena jumlah mereka sebanarnya tidak banyak,"  tambah Mufattahah. [fpd/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook