Komisi VIII DPR RI dari Partai Demokrat Prihatin Terhadap Keadaan TKI

TANJUNGPINANG – Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Linda Megawati merasa prihatin terhadap keadaan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri.
“Mereka ada yang di tahan di luar negeri. Saya sebagai warga negara Indonesia sangat prihatin melihat orang negara kita di luar sana,” ucap Linda kepada metrokepri.co.id saat kunjungan kerja (Kunker) hari keduanya di Rumah Perlindungan Trauma Center (RTPC) dan pempungan TKI Kota Tanjungpinang Jalan Senggarang, Sungai Timun KM 14, Selasa (22/3) pagi.
Menurut dia, hal itu juga merupakan kesalahan mereka karena terlalu memaksakan diri menjadi TKI illegal.
“Ya walau bagaimanapun, itu kesalahan mereka. Mereka tidak memiliki izin resmi ke luar negeri,” ujar Linda.
Anggota Fraksi Demokrat ini juga menyarankan, kalau bisa TKI ini tidak bekerja di luar negeri lagi.
“Saya berharap pemerintah pusat mencarikan solusi ini. Ya seperti dibangun pabrik, toko dan lapangan pekerjaan lain agar warga Indonesia tidak bekerja di luar negeri,” kata anggota DPR RI Dapil Jabar 9 Subang ini.
Pada kunjungan hari kedua di Rumah Perlindungan Trauma Center dan Penampungan TKI Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau ini, Linda melihat TKI warga Subang yang juga daerahnya diberlakukan secara tidak manusiawi.
“Saya sangat prihatin sekali masyarakt daerah saya diberlakukan tidak manusiawi. Tidak ada keadilannya lagi,” ucapnya. [metrokepri/ded]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook