Berpengalaman dalam Reformasi TNI, SBY Bicara di Forum CSIS

JAKARTA - Senin (29/8), Susilo Bambang Yudhoyono diundang untuk hadir dan memberikan tanggapan pada acara bedah buku "Transformasi TNI" karya Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo di Center for Strategic and International Studies (CSIS). Pada kesempatan ini, SBY diundang dalam kapasitasnya sebagai salah satu pelaku reformasi TNI di Indonesia.
Dalam forum yang dihadiri oleh berbagai tokoh kenamaan dari akademisi, praktisi serta pelaku reformasi TNI, SBY memberikan tanggapannya mengenai buku "Transformasi TNI" sekaligus merefleksikannya pada situasi masa kini. SBY menyampaikan bahwa TNI kini sudah dapat sepenuhnya terlepas dari dwifungsi militer dan bertransformasi menjadi tentara profesional. Untuk itu, SBY berpesan agar TNI dewasa ini senantiasa tetap menjaga netralitasnya serta tetap patuh pada konstitusi, sistem nasional dan nilai-nilai demokrasi dalam menjalankan fungsinya pada jalur yang seharusnya, termasuk untuk tidak ikut campur di ranah politik.

Pada kesempatan ini pula, SBY mengingatkan para perwira-perwira TNI bahwa dalam fungsinya, TNI juga tetap dapat memberikan pandangan dan saran untuk jalannnya pemerintahan namun dengan tata cara dan porsi yang sesuai. Oleh karenanya, SBY mengaku sangat menentang apabila ada oknum TNI yang menggunakan cara-cara yang anarkis untuk ikut andil dalam jalannya pemerintahan.
Diakhir acara, sebagai teman seperjuangan dari penulis buku "Transformasi TNI" ini, SBY memberikan apresiasi kepada Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo sekaligus mengajak semua pihak untuk selalu memberikan dorongan bagi TNI agar dapat terus bertransformasi ke arah yang lebih baik. [facebook.com/SBYudhoyono/rhm]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook