SBY Targetkan Demokrat Jadi Pemenang Pemilu 2019


JAKARTA Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menargetkan partainya kembali menjadi pemenang pada pemilihan legislatif dan presiden pada 2019. SBY ingin Demokrat melakukan instrospeksi agar tak terpuruk seperti pemilihan 2014 lalu.

"Kita berjuang untuk memenangkan pilkada dan pemilu 2019. Itu tugas dan agenda penting kita," kata SBY di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu, 8 September 2015.

Pada pemilihan legislatif 2014, Demokrat hanya meraih suara 10 persen. Alhasil, mereka hanya mendapat 61 kursi di parlemen. Meski partainya tergolong muda, SBY yakin mampu meraih suara terbanyak pada pileg berikutnya. 

"Kita harus meningkatkan infrastruktur, membangun kultur dan kemampuan kader untuk melanjutkan tugas bagi rakyat dan negara," kata Presiden ke - 6 itu.

Sebelumnya, ketua fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menyebut rakyat menginginkan SBY kembali menjadi Presiden. "Banyak yang rindu dan mengatakan 'I want SBY back'. Saya cuma bisa tersenyum, artinya banyak yang makin cinta sama Demokrat," kata Ibas. Namun, SBY langsung mengklarifikasi pernyataan itu. 

"Saya tegaskan, di samping sebagai Ketua Umum, saya mantan Presiden. Bukan calon Presiden," kata SBY.

Juru bicara Partai Demokrat Dede Yusuf mengatakan SBY tak akan maju lagi pada pilpres 2019. Pasalnya, undang-undang mengatur presiden hanya boleh menjabat maksimal dua periode. 

"Kecuali kalau undang-undangnya diubah. Tapi sebenarnya SBY hanya ingin Demokrat rebound," kata Dede.

Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto mengatakan partainya telah menyiapkan kader-kader calon presiden semenjak kongres digelar. Meski begitu, Demokrat belum menentukan tokoh pilihan yang akan diusung. "Masih lama karena kami juga memikirkan parameter akseptabilitas calon di masyarakat," kata Didik. "Terutama karena pemilihan legislatif bersamaan dengan pilpres," kata dia. [tempo/rhm]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook