Minim Fasilitas Penyaluran Air, Fraksi PD:Pemkab Harusnya Merespons Cepat

SUKABUMI – Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Demokrat usungan Daerah Pemilihan (Dapil VI), Saepuloh, lakukan peninjauan ke lokasi sumber mata air Ciburial, Desa Sukatani Kecamatan Parakansalak. Hal tersebut dilakukan mengingat minimnya fasilitas penyaluran air bagi pesawahan dan kebutuhan warga seperti yang dikeluhkan masyarakat sekitar.
“Debet air di Ciburial ini sangat besar dan ini bisa membantu untuk pengairan pesawahan. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan warga sehari-hari pun ini cukup. Tinggal didorong bantuan pemerintah dalam memfasilitasi dengan berbagai program,” ujarnya Kepada Radar Sukabumi, saat melakukan peninjauan, Kamis (24/9/2015).
Dikatakan pria yang tenar dipanggil Dewan Badot itu, persoalan tersebut (krisis fasilitas), Pemkab Sukabumi seharusnya merespons secara cepat. Sebab, beberapa anggaran untuk pengairan ini ada dan perlu disosialisasikan untuk membantu warga yang kesulitan.
“Meskipun air cukup besar, jika tidak ada campur tangan pemerintah jelas membuat warga sulit. Beberapa program pengairan seperti jides, pipanisasi atau PSDA kan ada. Kenapa pemerintah seolah tidak peka terhadap persoalan ini,” terangnya.
Ia menegaskan, dalam memberikan pelayan yang baik terhadap masyarakat tidak hanya menunggu pengajuan pihak desa saja. Akan tetapi langsung merespons dan menindaklanjuti dengan berbagai solusi. Tak hanya itu, dirinya pun menyayangkan sampai saat ini pemerintah belum juga bisa menjawab harapan masyarakat.
“Sangat disayangkan jika langkah-langkah untuk menempuh bantuan tersebut sudah dilakukan, akan tetapi pemerintah belum juga memberikan jawaban,” tegasnya.
Dia berharap, persoalan ini segera direspons dan melakukan langkah kerja nyata. Termasuk dirinya pun akan ikut mendampingi program ini agar harapan masyarakat dapat terkabul. “Saya mengharapkan Dinas Pertanian, Dinas Tarkimsih dan PSDA segera membuka mata. Termasuk dalam penuntasan keluhan ini pun saya akan mencoba berkoordinasi dengan pihak terkait,” harap Saepuloh.
Seperti diberitakan sebelumnya, warga Kampung Cikadu Desa Sukatani Kecamatan Parakansalak mengharapkan kejelasan bantuan fasilitas penyaluran air untuk pesawahan dan pasokan air ke wilayahnya. [pojoksatu/rhm]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook