Iwan Sulandjana : Kalau Mau Penghijauan Ajak TNI

CIAMIS - Ketua DPD Partai Demokrat Jabar yang juga mantan Panglima Kodam III/Siliwangi H. Iwan Sulandjana mengatakan, jika pemerintah ingin menggalakan penghijauan paling efektif menggandeng TNI. Hal tersebut disampaikan Iwan berdasar pengalamannya menjalankan program penghijauan selama menjabat Pangdam III/Siliwangi.
Iwan mengaku gerakan penghijauan yang dilakukan murni oleh pemerintah hanya bersifat seremonila belaka. Ia pernah mendapat pengalaman buruk di Sukabumi. Dimana saat diundang penenaman pemerintah setempat, kemudian pohon-pohon yang begitu dicek kembali banyak pohon yang hilang di lokasi penanaman.
“Ternyata hanya seremonial saja, begitu seremoninya selesai ya sudah bubar. Gerakan penanamannya gak efektif, ” kata Iwan, di saat meresmikan Sekretariat DPC Demokrat Ciamis, Sabtu (5/9/15).
Berbeda dengan program penghijaun yang dilakukan dengan menggandeng TNI. Seperti di Kecamatan Panjalu, TNI menanam di sana, ketika dicek setelahnya tanaman itu sudah tumbuh besar di lokasi tanam.
“Saya malah mengintruksikan prajurit saat itu untuk menanam 10 biji buah-buahan yang mereka makan. Kalau itu membudaya kepada seluruh PNS itu bisa efektif. Jadi saya sarankan kalau Ciamis mau sukses penghijaunnya ya ajak TNI, ” kata Iwan.
Saran Iwan ini disampaikan mengomentari pernyataan Asda II Pemkab Ciamis yang mengatakan perlunya menggelorakan kembali penghijauan mengingat kekeringan di Kabupaten Ciamis semakin meluas, bahkan mengancam daerah yang tidak terpetakan rawan kering seperti Kecamatan Panumbangan.
“Penghijauan harus digalakan kembali, apalagi saat ini kekeringan sudah semakin parah. Bahkan di Panumbangan yang notabene kawasan rimbun dan banyak daerah resapan air, sudah terancam, ” kata Soekiman di tempat dan acara yang sama. [fokusjabar/rhm]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook