Linda Megawati Pertanyakan Klaim Presiden Indeks Demokrasi Meningkat

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dalam Pidato kenegaraan yang dibacakannya di depan sidang bersama DPD RI dan DPR RI mengklaim bahwa Indeks Demokrasi Indonesia  pada tahun 2015 sebesar 73,04, yang artinya meningkat dibanding tahun 2013 yang sebesar 63,72.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi VIII DPR RI, Linda Megawati malah mempertanyakan tolak ukur dari Indeks Demokrasi yang dibacakan Jokowi tersebut. Ia menilai demokrasi yang terjadi saat ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya, bahkan cenderung menurun.

“Dilihat dari mana Indeks Demokrasi kita sekarang meningkat? Saya lihat tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Malah rencana pengembalian pasal-pasal penghinaan presiden itu bisa membuat kecenderungan demokrasi menurun. Pasalnya itu menjadi sebuah bukti pembantasan demokrasi,”jelas Linda.

Meski demikian, menurut politisi dari Fraksi Partai Demokrat ini, wajar saja jika pemerintah mengklaim seperti itu. Namun tentunya penilaian akhir ada pada masyarakat. Karena masyarakat lah yang merasakan langsung berbagai bentuk kebijakan yang disusun pemerintah.

Lebih lanjut, Linda berharap ke depan demokrasi bangsa kita dapat lebih maju, bebas dan bertanggung jawab. Presiden Jokowi dalam pidatonya mengatakan saat ini ada kecenderungan semua orang merasa bebas, sebebas-bebasnya, dalam berperilaku dan menyuarakan kepentingan. [rhm/dpr]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook