Partai Demokrat Penentu Pemilukada Kota Depok

DEPOK - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI), Muhammad Budyatna mengatakan, Partai Demokrat akan menjadi penentu dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Depok yang akan digelar pada Desember 2015 mendatang. Sampai saat ini partai berlambang mercy tersebut belum menetapkan dukungan ke salah satu pasang calon.
“Demokrat akan menjadi penentunya, dukungan suara itu akan meningkatkan suara salah satu pasang calon dengan cukup signifikan. Tapi selama suara di Demokrat solid dan utuh,” ujar Budyatna, Selasa (28/7) di Depok.
Selain itu, lanjut Budyatna, dengan hanya dua pasang calon akan membuat persaingan semakin sengit karena head to head. “Kita lihat sejarah Pemilukada di Depok baru tahun ini hanya muncul dua pasang calon,” paparnya.
Budyatna menambahkan, dengan munculnya dua pasang calon ini membuat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan bekerja ekstra keras untuk mempertahankan kejayaan yang selama 10 tahun digenggamnya. “Ini harus diwaspadai PKS sebagai partai penguasa di Depok,” imbuhnya.
Kedua pasang calon yang akan head-to-head ini adalah duet Idris Abdul Shomad-Pradi Supriatna dan Dimas Oky Nugroho-Babai Suhaimi. Pasangan Idris Abdul Shomad-Pradi diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra.
Sementara Dimas-Babai diusung koalisi lima partai, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).
Idris Abdul Shomad kini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok dan memiliki latar belakang dosen serta ulama. Pradi Supriatna pemilik media lokal di Depok dan pengusaha properti serta Ketua DPC Partai Gerindra.
Adapun latar belakang Dimas Oky Nugroho adalah analis, pengamat politik lulusan Universitas Airlangga dan juga tim pemenangan (Presiden) Joko Widodo. Sedangkan Babai Suhaimi akan mundur dari jabatannya sebagai Anggota DPRD Depok dari Partai Golkar.
Babai juga Ketua DPD Depok Partai Golkar. Diketahui, dua pasang calon Walikota dan calon Wakil Walikota Depok tersebut resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok Senin (27/7). Keduanya secara resmi bisa mengikuti tahapan Pilkada Depok 2015.
Ketua DPD PKS Suparyono menegaskan, tidak takut meski hanya diusung dua partai dan yakin menang. Ia menegaskan sebagai incumbent, Idris Abdul Shomad akan melanjutkan janji politik kampanye Walikota Depok saat ini Nur Mahmudi Ismail. [rhm/koran-jakarta]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook