Demokrat-PAN Sepakat Koalisi Bentuk Poros Tengah

DEPOK - Arah koalisi partai di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mulai tampak. Komunikasi antaran elit partai partai dua bulan jelang pendaftaran Bakal Calon Walikota Depok membuahkan hasil.

Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat telah sepakat berkoalisi. Mereka bakal bahu-membahu merebut kursi D1 (Walikota) melalui pembentukan poros tengah.

Ketua DPC Partai Demokrat Depok, Agung Witjaksono mengakui hal tersebut. Menurut Agung, baik partainya maupun PAN sama-sama tak bisa mengusung sendiri di Pilkada Desember mendatang. “Ya benar (membentuk poros tengah).

Oleh karena kami akhirnya memilih berkoalisi. Komunikasi dengan PAN sudah cukup intensif dan mendekati finalisasi,” jelas Agung kepada Radar Depok, Minggu (31/5) Agung menjelaskan, pembentukan poros tengah ini didasarkan pada adanya kesamaan visi dan misi, serta keyakinan punya peran penting di Pilkada.

Dengan kata lain, partai tidak hanya menjadi penggembira.“Karena ketika partai-partai bersatu, kami yakin kekuatan kami besar. Itu kenapa kami gagas (poros tengah),” tambah dia. Ditanya ihwal partai lain yang akan bergabung selain PAN, Agung memastikan hal tersebut. Ia menegaskan bakal ada tiga partai yang berkomitmen berkoalisi. “(Partainya) Belum bisa dipublikasian.

Yang jelas komunikasinya sudah sangat intensif,” tambah dia. Senada, Ketua DPD PAN Kota Depok, Hasbullah Rahmad menegaskan bahwa jalinan koalisi poros tengahnya bersama Demokrat, belum sampai kepada tataran figur.

Melainkan menyatukan visi-misi untuk sama-sama bertarung di Pilkada. “Masih terlalu dini (membicaran figur). Sekarang kamis sedang mencari perahu untuk ke Pilkada nanti, karena beberapa partai seperti kami tidak bisa maju sendiri.

Itulah mengapa pentingnya dibentuk koalisi,” ungkap dia kepada Radar Depok, Minggu (31/5). Has-sapaannya- mengatakan, menyamakan komitmen menjadi hal yang penting dalam koalisi ini. Ia menegaskan, dibutuhkan komitmen yang utuh di antara para partai.

Maksudnya, bagaimana memiliki satu tujuan bersama dengan mengesampingkan ego masing-masing. “Kalau sendiri-sendiri lagi, kalah lagi kita. Maka itu, harus dibangun (komitmen) sejak awal,” tambah Politikus yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ini. [ded/pojoksatu]
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook