Sri Budiharjo: Tiga Kabupaten/Kota Jadi Target Kemenangan Demokrat

BANDUNG - Berdasarkan putusan kongres di Surabaya, Partai Demokrat menargetkan 30 persen suara bisa diraih dalam pemilihan kepala daerah serentak yang akan digelar Desember mendatang.
Wakil Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Barat Sri Budi Harjo mengatakan, dalam pilkada serentak di Jabar, tiga kabupaten menjadi target kemenangan pihaknya.
’’Ada beberapa daerah yang berpotensi menang, salah satunya Kabupaten Cianjur. Tak hanya itu, Karawang juga Sukabumi, bahkan Indramayu juga memiliki peluang,” jelas Budi saat dihubungi kemarin (24/5).
Walaupun belum menjelaskan secara detail mengenai calon dari ketiga kabupaten tersebut, dia menilai keberadaan kader Demokrat di tiga kabupaten yang saat ini dipimpin petahana, membuka kemungkinan menang.
Selain itu, di Kabupaten Cianjur, PD akan melakukan pengusungan calon kepala daerahnya sendiri. Pasalnya, di wilayah itu, pihaknya telah memenuhi persyaratan sepuluh kursi legislatif.
Disinggung mengenai calon untuk Kabupaten Cianjur yang akan diusung oleh partai pimpinan Susilo Bambang Yudhyono itu, Budi mengklaim kader-kader daerah tersebut memiliki elektabilitas dan popularitas sangat baik.
Namun baginya popularitas dan elektabilitas bukan segala-galanya. Loyalitas tinggi kepada partai lebih diutamakan. ’’Seperti Pak Herman Siherman yang saat ini menjabat sebagai Direktur PDAM Cianjur. Pun Hedi Boy salah satu anggota DPRD Jabar, dan kader lainnya,” paparnya.
Saat ini, DPD bersama DPP masih melakukan survei tahap akhir yang segera disimpulkan dan diputuskan. Atas instrusksi dari DPP dan DPD, DPC yang ada di delapan kabupaten/kota harus menjalin komunikasi dengan partai lain untuk menjalin koalisi. ’’Seperti contohnya di Kabupaten Indramayu, Demokrat telah menjalin koalisi dengan PKS dan Partai Gerindra,” ungkap Budi.
PKS juga diajak berkoalisi di Kabupaten Indramayu. begitupun di Kabupaten Bandung yang dalam tahap penjajakan koalisi dengan Partai Golkar.
Hasil keputusan mengenai nama-nama bakal calon yang diusung PD diumumkan pada pertengahan Juni nanti. Hanya saja, keputusan tersebut kemungkinan tidak akan sama karena setiap kabupaten memiliki dinamika politik yang berbeda.
’’Jadi saya yakin di tiga kabupaten itu, Partai Demokrat bisa meraih suara yang signifikan,” pungkas Budi. (dd/bandungexpres)
Share on Google Plus
    Komentar Google
    Komentar Facebook